Sabtu, 09 Januari 2021

Inilah Jadwal Penyaluran BLT UMKN 2,4 Juta, Berikut Syarat Penerima dari Kemenkop UMKM

Inilah Jadwal Penyaluran BLT UMKN 2,4 Juta, Berikut Syarat Penerima dari Kemenkop UMKM

UMKM KABUPATEN BOGOR - Terkait Jadwal penyaluran BLT UMKM Rp2,4 juta telah disampaikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

BLT UMKM akan disalurkan hingga 31 Januari 2021 kepada para penerima yang telah memenuhi syarat yang di tetapkan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Para penerima manfaat akan mendapatkan bantuan usaha sebesar Rp2,4 juta dari Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

"Kami menyediakan sistem yang bisa diakses secara real time oleh masyarakat. Jadi sebelum ke kantor BRI, pelaku usaha mikro dapat memastikan terlebih dahulu melalui e-form BRI," kata Direktur Mikro BRI Supari dalam keterangan pers nya di Jakarta, pada Senin, 4 Januari 2021.

Dalam penyaluran nantinya, pihak BRI memastikan bahwa tetap mengedepankan penggunaan teknologi dan distribusi bantuan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dia juga menyampaikan sebelum mendatangi kantor BRI lebih baik masyarakat mengakses laman https://eform.bri.co.id/bpum untuk mengetahui sebagai penerima BPUM atau tidak.

Pencairan BPUM ini dilaksanakan secara bertahap sesuai tanggal yang ditentukan BRI mengingat kapasitas kantor dan juga demi menghindari terjadinya kerumunan.

Penerima BPUM bisa datang mengambil haknya dengan membawa dokumen yang menjadi syarat dari Kementerian Koperasidan UKM.

Dilansir dari laman kemenkop UKM, para penerima bantuan ini merupakan hasil dari verifikasi data yang sesuai dengan syarat yang menjadi ketetapan sebagai berikut.

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Mempunyai NIK dan KTP

3. Memiliki Usaha Mikro

4. Bukan anggota ASN, TNI/Polri serta pegawai BUMN/BUMD

5.Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

6.Memiliki saldo di bank penyalur (biasanya bank BRI) kurang dari Rp2 juta

7. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Perlu diingat bahwa bantuan UMKM Rp2,4 juta ini yang cair bulan januari ini merupakan bantuan lanjutan tahun sebelumnya yang belum tersalurkan, adapun mengenai anggaran bantuan tahun 2021 masih dalam pembahasan.

Itulah jadwal penyaluran BLT UMKM Rp2,4 juta tahun 2021 yang akan disalurkan bagi para penerima yang telah memenuhi syarat dari Kemkopukm.***


Baca Berita Lainnya

Baca Juga Berita Terkait

© Copyright 2019 UMKM KABUPATEN BOGOR | All Right Reserved